Senin, 14 Agustus 2017

FITUR-FITUR CONNECTION PADA CISCO PACKET TRACER








APA ITU CISCO PAKET TRACER??

CISCO Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang.



FITUR PADA CISCO PACKET TRACER


Packet Tracer terbaru yaitu versi 6.2. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIPOSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.
Taget Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Dengan keluarnya versi 6, beberapa fitur ditambahkan, termasuk fitur BGP. BGP memang bukan termasuk kurikulum CCNA, akan tetapi termasuk kurikulum CCNP.


Connections pada Cisco Packet Tracer

Gambar : Connections / Kabel – (a) Kabel Otomatis, (b) Kabel Straight, (c) Kabel Crossover
Lah, ini digunakan untuk menghubungkan setiap device atau hardware, missal computer dengan computer…computer dengan switch dll…, kabel diantara (a) dan (b) itu kabel rollover …
Masalah penggunaannya, kapan kita menggunakan cross, dan kapan kita menggunakan straight…perhatikan keterangan dibawah ini…
  1. Straight akan digunakan untuk menghubungkan device-device yang berbeda, missal :
    1. PC – Hub
    2. PC – Switch
    3. Router – Hub
    4. Router – Switch
  2. Sedangkan Cross digunakan untuk menghubungkan device-device yang sama, missal :
    1. Komputer – Komputer
    2. Switch – Hub
    3. Switch – Switch
    4. Router – Router
    5. Router – PC
  3. Untuk Router – PC juga bisa digunakan kabel rollover…
Nah, jika kita kesulitan menentukan kita harus menggunakan kabel (b) straight atau (c) crossover, maka gunakanlah bantuan kabel (a), dia akan mengotomatisasi penggunaan kabel yang benar yang sesuai dengan kebutuhan..


DAFTAR PUSTAKA
http://xbulan.blogspot.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

0 komentar:

Posting Komentar