Senin, 13 November 2017

BANDWIDTH

PENGERTIAN BANDWITH


     Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.Bandwidth komputer dalam jaringan komputer ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).
Dalam sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi dua macam diantaranya bandwidth digital dan analog dan penjelasannya di bawah ini:
  • Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  • Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
Yang mempengaruhi pemakaian bandwidth:
Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi pemakaian dari sebuah bandwidth, berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi pemakaian bandwidth:

1. Tampilan Website
Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.

2. Upload dan Download
Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.

3. POP3 dan SMTP
Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.
4. JAM SIBUK
     Jika setiap jam sibuk mendadak internet jadi lemot,kemungkinan alokasi bandwidth ISP sedang penuh sesak,sehingga paket data yang kita kirim atau terima mengalami pending,biasnaya ISP akan membuat pool dimana user akan ditempatkan dalam jumlah tertentu dan diberi alokasi bandwidth y ang telah ditentukan,ketika semua user aktif maka paket data menjadi antre,tetapi ketika sedikit user yang aktif,kita bisa mendapat speed lebih dari yang ditentukan.

5. KUALITAS JARINGAN     

Jaringan paling bagus adalah jaringan kabel,karena bebas interferensi,jika Jaringan yang ISP atau  kita gunakan adalah wireless,biasanya akan lebih sering trouble karena wireless rawan akan  gangguan signal dari perangkat lain (interferensi) serta gangguan alam yang menyebabkan signal yang lemah(terhalang pohon,gedung,gunung ,hujan dll).
Yang sering mengalami gangguan signal drop atau kualitas signal jelek(biasnaya interferensi)  biasanya para pengguna internet wireless(GSM ,CDMA,WIFI) 

6. KECEPATAN UPLINK SERVER


Server untuk website besar memang mengalokasikan uplink yang besar,tapi jika pengunjung berlebihan maka tidak tertutup kemungkinan uplink akan habis, sehingga ketika kita mengakses server tersebut dan mendownload data,maka kecepatan yang kita dapat tidak akan full.



7. MALWARE
jika ada malware di komputer /jaringan bisa berimbas pada penurunan kualitas jaringan,karena jaringan atau komputer akan sibuk digunakan oleh si malware,jika kamu pengguna internet seluler (GSM CDMA) biasnaya akan muncul trafic walau internet tidak digunakan, malware juga bisa mengubah routing  atau membelokan trafik ke jaringan malware itu sendiri ,sehingga komputer akan terasa lambat jika digunakan untuk mengakses internet.



Fungsi Bandwidth
Fungsi utama dari Bandwidth adalah untuk menghitung besaran transaksi atau transfer data terhadap user yang mengakses sebuah server. Jika hal ini berkaitan dengan sebuah situs maka besaran bandwidth yang terpakai akan terhitung sama dengan besaran jumlah data atau aset yang diakses oleh pengunjung sebuah situs.
Bandwidth Uplink dan Downlink :
1. Bandwidth Uplink atau Upload (Batas kecepatan upload)
Upload merupakan sebuah proses dimana kita mengunggah atau mengirim data dari perangkat kita berupa text, pesan, gambar, video, dll ke perangkat lain menggunakan jaringan komputer/internet.Contohnya seperti ketika mengunggah sebuah foto ke Sosial Media seperti Facebook. Meskipun kita hanya mengirim sebuah pesan melalui FB, WA, BBM, dsb itu sudah disebut dengan upload.
2. Bandwidth Downlink atau Download (Batas kecepatan download)
Download adalah sebuah proses dimana kita mengambil/mengunduh data dari perangkat lain atau internet berupa text, pesan, gambar, video, dll ke komputer kita menggunakan jaringan komputer atau internet.Contoh sederhananya seperti ketika Kamu browsing, Kamu sudah melakukan kegiatan yang disebut dengan download karena komputer atau perangkat yang sedang kamu gunakan sudah mengambil data dari internet.

MENGENAL QoS
QoS adalah singkatan dari Quality of Service yang bisa diterjemahkan secara bebas adalah sebuah bentuk jaminan kualitas atas sebuah layanan. Istilah ini tentu cukup familiar di bidang networking karena terminologi ini banyak sekali dipakai di sana.Dari sudut pandang pengguna, bagaimanapun perlu mencoba untuk mengukur kualitas bahwa sebenarnya pengguna pengalaman, yang disebut “Quality of Experience” (atau QoE), berdasarkan persepsi pengguna atau tingkat kepuasan mereka . Dengan demikian kebutuhan QoS untuk melacak kepuasan pelanggan, yang jelas adalah subyektif dan bervariasi pada sejumlah faktor di pengguna akhir. QoS bertujuan untuk menyediakan kualitas layanan yang berbeda-beda untuk beragam kebutuhan akan layanan di dalam jaringan IP, sebagai contoh untuk menyediakan bandwidth yang khusus, menurunkan hilangnya paket-paket, menurunkan waktu tunda dan variasi waktu tunda di dalam proses transmisinya. QoS memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
  1. Pengkelasan paket untuk menyediakan pelayanan yang berbeda-beda untuk kelas paket yang berbeda-beda
  2. Penanganan kongesti untuk memenuhi dan menangani kebutuhan layanan yang berbeda-beda
  3. Pengendalian lalu lintas paket untuk membatasi dan mengendalikan pengiriman paket-paket data
  4. Pensinyalan untuk mengendalikan fungsi-fungsi perangkat yang mendukung komunikasi di dalam jaringan IP.


DAFTAR PUSTAKA
https://idcloudhost.com/pengertian-dan-fungsi-bandwidth/
http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-bandwidth-dan-fungsinya.html
http://www.webhostingterbaik.org/2017/07/pengertian-dan-fungsi-bandwidth.html
https://id.gadgetail.com/2017/03/22/bandwidth-adalah-memahami-arti-dan-fungsinya-lebih/42593
http://www.droneuplift.com/
http://www.aldhinya.com/2016/07/pengertian-dan-perbedaan-bandwidth-dan-throughput.html
https://www.tembolok.id/pengertian-bandwidth-dan-pengertian-throughput/
http://devataubud.blogspot.co.id/




1 komentar: